Belajar Cara Bisnis Online Bagi Pemula - YaOkela

Mobile Menu

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

logoblog

Belajar Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Selasa, 09 Maret 2021


Belajar mengenai lima langkah terpenting bagi para pemula yang akan membuka online shop kenapa saya memilih topik ini karena pada saat di komen Ternyata ada yang bertanya bagaimana caranya memulai bisnis Online Oke saya akan beberkan sedikit rahasia.

 

Nah ada lima rasa terpenting sebenarnya yang anda perlu tahu sebelum mulai bisnis online nah rahasia pertama adalah find out your fashion Yes saya ulang lagi ya Yang pertama adalah final yogs fashion dalam bahasa Indonesianya artinya cari dahulu Apa yang membuat Anda bergairah tapi eniwei itu bahasa terjemahan bahasa Indonesianya fashioned itu bergairah intinya begini Kalau kita tidak bergairah kita tidak senang dengan apa yang akan kita kerjakan nanti ya jadi ujung-ujungnya itu Anda akan rasanya sebagai beban.

 

Oke mungkin Anda pernah mendengar satu peribahasa yang berkata bahwa kalau kita mengerjakan sesuatu yang kita suka maka kita tidak akan merasa itu sebagai beban tapi kita merasakan itu mengerjakan suatu hobi Oke jadi enggak pernah merasa kerja benar Nah Seperti contohnya Misalnya Anda hobinya memasak hai oke Kemudian Anda tanpa disuruh Saya yakin anda ingin masak sendiri Ada orang datang nggak ada orang datang anda masa Kenapa karena anda hobi yang sama seperti Kalau Anda hobi main game ya gan Anda nggak perlu dibayar untuk main game Anda Bahkan bayar untuk main game tuh sayangnya mungkin hal tersebut kurang begitu produktif.

 

Nah kalau di dalam bisnis online yang pertama Anda harus kali adalah barang apa produk apa atau mungkin hal apa yang membuat anda tertarik membuat anda senang misalnya contoh fashion ada orang yang begitu ngomongin fashion Dia seneng banget Oke jadi dia bisa lihat tuh jadi misalnya ada yang pakai baju dia langsung bisa menilai Oke baju ini kira-kira bisa laku apa enggak ya karena tadi sudah punya citarasa Oke dan juga pemilihan warnanya ini penting sekali karena pada saat Anda memulai bisnis Online anti Anda yang harus beli barangnya betul seperti yang lain Misalnya Anda punya fashion mengenai share.

 

Nah mungkin anda cocok kuliner Anda banyak macamnya loh Misalnya Anda punya fashion mengenai snack Oke mengenai macam-macam snack oke Bisa aja mengenai pisang sale bisa aja mengenai singkong tips dan lain sebagainya Oke tapi kalau anda tidak punya fashion mengenai kuliner anda akan susah untuk menjual ini Oke bisa paham ya jadi nomor satu Anda harus punya fashion dulu kalau Anda punya fashion anda akan dapat terus bekerja tanpa merasa bekerja sehingga pekerjaan Anda akan terasa sangat ringan dan anda bisa maju jauh lebih cepat [Musik] Langkah kedua Ketika anda memulai bisnis Online dan saya rasa ini yang paling penting Kenapa Anda harus cari roll model yang sukses terlebih dahulu Maksudnya apa Anda harus cari contohnya Siapa yang dulu Udah jualan fashion laku berat dan anda mengidolakan dia siapa dahulu yang sudah pernah jual chips pisang Hai yang laku berat dan anda bisa mengidolakan dia siapa yang dahulu pernah jual bulumata palsu oke yang laku berat dan anda bisa mengidolakan dia oke ini penting sekali kenapa kalau anda tidak punya ROM model anda bayangkan ya Sekarang Anda diberi sebuah kertas putih kosong melompong tolong Kemudian Anda yang tidak punya pengalaman sama sekali tidak mengerti sama sekali dan tidak tahu prospeknya seperti apa bisa besarnya seperti apa anda sekarang harus mulai bisnis itu dan Anda harus mulai menggambar kertas putih itu sendiri jadi seperti anda disuruh menggambar dalam kertas putih suruh gambar gajah tapi anda enggak tahu gajah ini bentuknya seperti apa susah gak pasti susah. 

 

Oke tapi kalau anda sudah tahu Oh ternyata ada orang yang sudah pernah menggambar gajah sebelumnya Anda lihat gambarnya dan anda tiru ya ini adalah teknik ATM amati tiru modifikasi ya kalau misalnya Anda mengidolakan seseorang yang misalnya dia jago jualan gadget kalau dia jago jualan gadget Hai tapi anda senangnya kuliner yang enggak kenapa itu masih bisa yang penting ada jualan barang anda lihat Bagaimana cara De jualan Yance Bagaimana cara dia promosi cara dia foto bikin konten dan lain sebagainya itu bisa jadi inspirasi Anda kalau misalnya bisnis atau orang anda idolakan itu sama mixnya atau kategorinya dengan Anda oke sebagai contoh Misalnya Anda berjualan baju Oke dan kebetulan ada mas Andri yang sukses di batiktusta.com nah Anda bisa lihat Bagaimana cara dia mulai bisnis kira-kira Bagaimana prospeknya ke depan oke Anda bisa lihat Bagaimana cara dia mempresentasikan dan juga membuat konten dan lain sebagainya. 

 

Oke karena ini menurut saya salah satu hal yang krusial terutama buat Anda yang pebisnis pemula [Tepuk tangan] [Musik] Oke Langkah ketiga adalah pilih customer Anda loh kok pilih customer bukannya pilih produk saya ada banyak orang bertanya kepada saya Kenapa pilih customer dahulu bukan pilih produknya kebanyakan dari kita dalam bisnis tradisional kita pasti pilih produk dahulu benar-benar oke itu terjadi sama saya ketika saya buka toko dulu saya pilih produk dahulu dan saya pilih produk yang saya pikir orang bisa Suka benar tapi sebenarnya produk itu yang suka siapa ya sendiri bisa paham ya Nah ini ada resiko besar karena saya akan berharap bahwa customer Yang nanti beli ya harus sesuai seleranya dengan saya betul-betul saya cuma kasih contoh bahwa tidak semuanya apa yang kita suka orang lain bisa suka ataupun apa yang kita tidak suka orang lain pasti tidak suka tidak mesti sebagai contoh Saya tidak suka memakan babat Oke Anda tahu babak Oke hebat itu jeroan Nah bagi saya Kalau makan babi itu rasanya kayak makan karet gitu nggak bisa digigit. 

 

Oke Jadi saya nggak bisa telepon dah jadi dalam otak saya pikir kalau babat itu enggak enak dan karena enggak enak saya yakin semua orang gak suka dan karena gak suka pasti kalau ini yang bikin babak ini Enggak tahu itu dalam otak saya tapi saya kaget sekali karena beberapa waktu lalu ada teman saya yang mengajak saya ke suatu restoran dan ternyata levelnya terkenal dengan babat goreng pedas Oke saya nggak bisa makan tapi ternyata semua orang di restoran itu pesannya babat goreng pedas Nah itu adalah bukti bahwa apa yang saya tidak suka belum tentu orang lain tidak suka begitu pula apa yang saya suka belum tentu semua orang suka ya jadi kita pesankan itu kenapa kita mulai dari customer dahulu pertama nomor satu begini kita perlu tahu ya sistem mana yang kita paling cover tebel Kalau Anda misalnya disuruh jual mebel Anda enggak pernah jual mebel sebelumnya cuma Anda pernah dengar Kalau diomelin Z2 mebel aku banget oke pertanyaannya Apakah anda comfortable dengan jual mebel ini dan kemudian customer nya siapa Reva bukan Misalnya Anda sekolah dan kemudian Anda tahu teman-teman sekeliling anda semua demen makan snack bisa paham ya semua beli snack tertentu misalnya snack pisang sale jenis tertentu tahu dan semua teman Anda suka Anda mulai dari situ jadi jangan pilih yang jauh-jauh dulu oke Meskipun orang jual kayu jati miliaran tapi anda harus mulai dengan sesuatu yang dekat dengan anda karena kenapa lebih gampang resourcenya ya Jadi kalau ada apa anda bisa fresh market dengan cepat itu intinya sesudah Anda mulai dari customer ini anda harus kereta yang namanya customer Persona ideal anda jadi customer ideal ini pesonanya apa maksudnya gini biasanya anda tahu teman-teman sekitar Anda yang seumuran dengan anda dia senangnya makan pisang sale misalnya nah Anda reset dulu orang yang suka beli pisang sale Ini pertama satu dia kondisi keuangannya dimana ya gan dia bisa spam berapa duit dalam satu minggu Dibeli berapa kali Oke dan kemudian dia tinggalnya di mana sekolahnya di mana temannya sama siapa ikut organisasi apaan dan lain sebagainya. 

 

Oke ini kalian akan susun Semua menjadi suatu customer Persona ya karena ini nanti akan penting ketika anda memulai iklan pada saat Anda beriklan di digital ini kerennya Anda bisa masukkan personal personal ini semua sehingga kita biarkan nanti mesin itu baikpun Facebook ataupun Google ataupun Instagram yang mencari customer untuk Anda Keren kan ini bedanya antara bisnis online dengan bisnis offline someture pertama Anda pilih customer dulu oke sekarang langkah keempat adalah pilih kategori Anda Yes kategori saya nggak ngomong produk tapi category pilih kategori Kenapa kategori penting karena misalnya gini Anda pada akhirnya memilih jualan pisang sale Oke tapi kan Anda enggak mau dong ya hanya terbatas di pisang sale doang betul ya Pilih kategori yaitu snack makanan ringan Kenapa misalnya nanti ya pada saat pisang sale berkembang Anda bisa ekspan ke kategori barang serupa yaitu snack juga oke dengan misalnya tadi pisang sale yang dikeringin sekarang selai pisang sale misalnya kayak gitu oke macam-macam ya Jadi intinya Anda bisa berkembang dari satu kategori tersebut. 

 

Jadi sebelum beli produk yang penting adalah Hai kategorinya Oke ini adalah langkah terakhir atau langkah kelima yang menurut saya sangat krusial Jika Anda mulai berjualan bisnis online Yaitu anda harus pilih channel penjualan Anda satu aja ya Einstein tweet maksudnya Apa maksudnya begini sama seperti Ketika anda membuka toko offline Jika Anda mulai buka toko di Mangga Dua pertama kali jangan langsung buka toko di Tanah Abang jangan langsung buka toko di PGS ya jangan buka toko terlalu banyak dahulu Kenapa Anda harus konsentrasi di satu tempat terlebih dahulu Nah kalau di digital ya atau online bisnis online Anda harus pilih dulu Anda mau jual dimana Mau jual di Instagram kah Mau jual dapat website kah Mau jual di marketplace itu Anda harus pilih kenapa Hai karena setiap market ini beda beda beda Apa maksudnya beda karakter dari para user atau penggunanya Jadi anda harus pilih satu dan konsentrasi disitu

Misalnya Anda memilih Instagram nah anda tahu pengguna Instagram itu rata-rata berumur 35 tahun kebawah Jadi kalau produk Anda cocok dengan 35 tahun lain cocok kemudian pakai instagram itu juga sekitar 50% itu cewek Oke jadi anda tahu barang-barang yang disukai oleh wanita itu cocok untuk Juan Instagram terutama wanita muda bisa paham ya mungkin snack juga cocok karena wanita kebanyakan suka ngemil meskipun saya juga suka Kamil Tapi saya bukan wanita hehehe kan masih ada satu rahasia terpenting yang terakhir Ternyata saya lupa yaitu lima langkah terpenting ini tidak akan menjadi penting dan berguna apabila anda tidak melakukan action itu adalah yang nomor satu ya Oke jadi peramu semi dan juga negoto desenden you do some action.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar